• GO-GREEN
  • #
  • #

We Care

Logo Batam EcoCare Society

Translate

English by Google Translation Mandarin by Google Translation Korea by Google Translation Tagaloq by Google Translation

Bread Today


Sumber: SABDAweb

Preview

Kontak

Penjaga Momentum

Sebuah momentum dalam makna positif biasanya tidak bisa dilepaskan dari yang dinamakan “Favor” (Perkenanan). Tahun 2012 adalah tahun limpahan berkat, promosi dan multiplikasi karena perkenanan Tuhan. Satu hal yang perlu dimengerti adalah bahwa ukuran yang dipakai Tuhan untuk memberikan favor-Nya bukanlah dalam pengertian manusiawi. Tuhan memakai ukuranNya sendiri. Jelaslah mengapa muncul sebuah ungkapan : “Favor is always unfair”. Meskipun hal ini bisa membuat hati terusik tapi kita harus memahami bahwa Tuhan memiliki hak prerogatif untuk menentukan kepada siapa, bagaimana dan kapan favor itu diberikan.

Apa yang terjadi setelah Momentum itu datang memiliki 2 kemungkinan : menghilang , atau semakin cepat dan membesar. “Kekuatan” yang ada di luar Momentum itu akan memberikan 3 pengaruh yang berbeda pada sebuah momentum :
1. Memicu
2. Mempertahankan
3. Menghentikan

Keengganan kita untuk memperhatikan momentum-momentum yang terjadi dalam hidup kita mengakibatkan banyak kesempatan terlewatkan. Tanpa respon yang tepat dan memadai, sebuah momentum bagus bisa hilang begitu saja. Sebaliknya, sebuah momentum akan makin bergulir seperti bola salju yang kian membesar dan makin cepat jika mendapat tanggapan sebaik-baiknya.

CITY ON THE HILL
Sejak tahun 2009 GBI Tabqha telah menerima visi dari Tuhan “City on the Hill”, yang akan membawa Gereja ini pada suatu posisi yang nyata dalam menjadi terang bagi sesama dan pengaruh bagi pulau Batam.
Serangkaian program telah dicanangkan dan dilaksanakan, dan setahap demi setahap mulai membentuk gambar “City on the Hill” semakin utuh, rencana untuk meraih kota semakin jelas.

Tahun 2012 ini Tuhan mempercayakan sebuah visi dan proyek besar berupa program Reforest Batam. Gerakan penghijauan kembali Batam dengan penanaman ribuan bibit Trembesi di seluruh pulau Batam merupakan yang kali pertama terjadi dan menyedot perhatian dari berbagai pihak. Adalah sebuah kebenaran yang terjadi seperti dituliskan dalam Yesaya 66 : 6 – 12.

Kegemparan sedang melanda pulau Batam ketika anak-anak Tuhan memprakarsai dan bergerak sebagai pionir dalam gerakan penanaman 15.000 bibit pohon Trembesi. Ada beberapa alasan mengapa Tuhan berkenan memberikan visi sekaligus melakukan pekerjaanNya ini lewat Gereja kita :
- Tuhan akan membangun bumi kembali
- Tuhan akan membagi-bagi tanah pusaka

Tuhan memberikan janjiNya itu di tempat kediaman Allah; “Yerusalem” kita, yakni Gereja tempat kita beribadah dan digembalakan. Dan momentum diawali dengan dilaksanakannya event tgl 7 Juli 2012 nanti : Penanaman 15.000 bibit pohon Trembesi sekaligus sebagai momen pencanangan “Batam Eco-care Society” (program untuk menyadarkan masyarakat Batam agar peduli keseimbangan ekosistem).

Sungguh Tuhan selalu memberikan petunjuk , mengajar dan turut mengerjakannya bagi kita (Mazmur 32 : 8).
Kerja besar ini menuntut peran serta kita semua. Gereja Tuhan mesti bergerak dalam kesatuan/Unity, tidak saja secara intern tapi juga menembus batas perbedaan denominasi, kesukuan, tingkat ekonomi, dll. Kesehatian seperti yang ditunjukkan oleh Gereja Tuhan yang mula-mula harus kita aplikasikan lewat gerakan Batam Eco-care Society ini. Gereja akan tampil sebagai solusi atas permasalahan besar yang dihadapi Batam. Lingkungan yang buruk serta tingkat kepedulian warga yang belum memadai menuntut GerejaNya untuk bersama-sama mengambil beban dalam hal pembiayaan/ keuangan dan juga masalah-masalah teknis.

Namun perlu diingat bahwa Unity ini harus terjadi dalam koridor kepatuhan kita terhadap Tuhan, bukan berdasar pada ego serta kepentingan masing-masing. Unity di dalam Tuhan adalah satu-satunya Unity yang dapat dipertanggungjawabkan dan dapat bertahan. Kekuatan yang timbul sebagai akibat kesatuan anak-anak Tuhan akan menggeser posisi kita dari sebatas “bersaksi” ke posisi “menjadi saksi”. Jiwa-jiwa yang belum mengenal Tuhan akan melihat karyaNya yang demikian mulia lewat apa yang kita kerjakan.

Peluncuran/ launching Batam Ecocare Society yang Tuhan tentukan pada tanggal tertentu terjadi untuk suatu hal yang prophetic : tanggal 7, bulan 7, pukul 7. Tuhan sedang dan terus bekerja di Batam. DIA menunjukkan perkenananNya atas pulau kecil ini. DIA membekali anak-anakNya untuk bisa meraih kota dan menjadi saksi Kristus yang efektif. Seperti pada pengantar di atas, momentum ini harus ditanggapi secara positif dalam berbagai bentuk tindakan nyata. Kita tidak boleh menjadi kekuatan yang menghambat momentum besar ini.

Pdt. Hanny Andries. DPM

Silahkan tinggalkan komentar anda tentang artikel ini.

0 comments:

Related Posts with Thumbnails
 

  © Christian Blog url: Menara Doa Batam 2007 | prayer request: permohonandoa@yahoo.co.id

Design by: George Rudi | Jump to TOP